Selamat pagi shabat mitazaedu semuanya,,,, Pada kesempatan ini kan berbagi tentang penilaian kurukulum 2013 khususnya prinsip-prinsip penilian. Maka dengan itu mari simak di bawah ini.
Prinsip-Prinsip Penilaian Krukulum 2013 mitazaedu |
Penilaian dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut.
- Sahih, berarti penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur.
- Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai.
- Adil, berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender.
- Terpadu, berarti penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.
- Terbuka, berarti prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan.
- Menyeluruh dan berkesinambungan, berarti penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.
- Sistematis, berarti penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku.
- Beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.
- Akuntabel, berarti penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.
Baca juga :
Inilah Pengertian Konsep Penilaian Kurikulum 2013Pendekatan penilaian Kurikulum 2013Permendikbud Nomor 8 tahun 2017, Tentang Juknis BOS dan Guru Honorer Sekolah Negeri Wajib Dapat SK PemdaRupanya sampai di sini dulu mengenai prinsip-prinsi penilaian kurikulum 2013. Semoga saja bermanfaat.
0 comments: